Rabu, 17 Juni 2015

Menghilangkan Rasa Marah

Pernah marah?? hmm... kayanya semua orang pasti pernah ngalamin hal yang satu ini deh.
Pernah sakit hati?? yupss banget.

Baru-baru ini, saya mengalaminya sendiri. Sakit hati parah... sampai bawaannya pengen marah sejadi-jadinya tiap kali melihat orang yang bersangkutan. Dan baru kali ini saya merasakan, kalo lagi sendirian, saya selalu ngomong sendiri. Marah-marah sendiri, seakan-akan orang tersebut ada di depan saya. Dalam hati sih marahnya, kalo diungkapin bisa lari ketakutan ntar anak-anak! Mirip orang stress ya?! :(

Dan sumpah deh, dada ini berasa panas banget. Nyesek!!

Pagi kemarin, karena sebentar lagi sudah masuk ramadhan, saya mulai berpikir untuk menghilangkan rasa marah ini. Berasa ga mungkin sih awalnya, karena besarnya sakit hati yang saya rasakan. Pengen curhat, pengen nangis, pengen lari.. Aduh, pliss deh!
Tapi kan rasa-rasanya agak gimana gitu... Pengen ibadah yang sebaik-baiknya, tapi di hati masih ada perasaan seperti itu.
Akhirnya saya mencoba googling. Ada banyak juga sih tips yang diposting untuk menghilangkan rasa marah ini. Dari yang hanya bilang harus banyak-banyak bersabar (dan menurut saya itu ga mungkin saya lakukan untuk saat ini), nulis surat marah trus disobek-sobek, baca ayat Al Quran plus shalawat 100x, sampai doa yang simpel ini. 
 Hasil gambar untuk doa menghilangkan rasa marah
  
Dan biasalah, saya pilih yang simpel saja. Tadinya, saya berusaha menghafal bahasa arab plus artinya. Tapi setelah beberapa kali mencoba, rasanya kok agak ribet ya mengingat keadaan yang sudah gawat darurat (aka. Males). Jadi ya sudah, yang saya baca berulang-ulang cukup artinya saja. Ga cuma sekedar membaca lho ya.. bener-bener diikuti dengan kesungguhan hati. Dan selalu berusaha "terhubung" dengan Allah.

Awalnya rasa marah itu tetap ada. Namun saya tetap (mencoba) yakin dengan doa itu. Kan di Al Quran juga sudah dituliskan, bahwa Allah akan mengabulkan doa-doa hambaNya. Dan ajaibnya, malam itu tiba-tiba saja saya merasa semua rasa marah itu lenyap. Hilang gitu aja. Plus dada saya berasa enteeeeengg. Plong. Lega. :D

Cuma tetep ya, namanya juga manusia biasa. Tiap kali ketemu dan terjadi hal-hal yang bikin empet, rasa sakit hati itu masih ada. Yang saya hanya mencoba fokus untuk berpasrah diri pada Allah dan mengamalkan doa itu (terutama bagian "Hilangkanlah kepanasan hatiku, dan lepaskanlah aku dari syetan yang terkutuk), alhamdulillah bisa teratasi. 

Buat yang lagi mengalami hal yang sama, cobain deh... InsyaAllah.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar